Perikanan/Pertanian/Perkebunan

Cari Blog Ini

Senin, 26 September 2011

RAPAT PEMANTAPAN KANTOR KWARCAB OKI


Kakwarcari (kedua dari kiri) saat memimpin rapat

Teluk Gelam 27 September 2011
        Rapat pemantapan Kantor Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Ogan Komering Ilir kemarin (26/11) dilaksanakan di Bumi Perkemahan Teluk Gelam OKI. Rapat dibuka langsung oleh Ketua Harian Kwarcab OKI Kak. Muslim,SE.,M.Si., dihadiri oleh Ketua Kwartir Cabang OKI yang diwakili oleh Ketua Kwartir Cabang Harian OKI, Sekretaris Cabang Kwarcab OKI, Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Kwarcab OKI,Staff Kwarcab, Andalan Cabang serta Anggota Dewan Kwartir Cabang OKI. Dalam sambutannya Kak Muslim mengharapkan agar pelaksanaan administrasi dilaksanakan di kantor exs Jambore Nasional di Teluk Gelam dan Kantor Kwarcab lama dijadikan Mess bagi anggota gerakan pramuka dan tidak menutup kemungkinan dibuat mess untuk masyarakat umum dan hasilnya dapat menjadi kas Kwarcab, asal tinggal kesungguhan kita untuk mengelolanya. Kak Muslim berharap agar gedung yang sudah dibuat dimaksimalkan penggunaannya.
      Rapat yang dimulai pukul 14.30 dan berakhir pukul 16.30 itu berlangsung khidmat dan telah menghasilkan beberapa kesepakatan diantaranya memfungsikan gedung exs Jambore Nasional menjadi kegiatan administrasi Kwarcab OKI. Penggunaan fasilitas exs jamnas akan diupayakan untuk dibuat landasan hukumnya sehingga keberadaan fasilitas dan  gedung yang telah dibuat  akan optimal pemakaiannya sesuai harapan yaitu memajukan Gerakan Pramuka di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Memfungsikan lahan yang ada sehingga tidak menjadi lahan tidur (Sleeping land) dan akan diusahakan agar lahan exs Jamnas 2011yang tidak dipakai untuk area perkemahan akan dijadikan tempat usaha pertanian terpadu yaitu selain menanam tanaman pangan hortikultura, juga akan memfungikan kolam retensi menjadi kolam pemeliharaan ikan system Penn selain itu kalau memungkinkan akan diupayakan usaha peternakan .
Ketika peserta rapat menanyakan tentang keberadaan kebun kelapa sawit, kak Muslim menanggapi bahwa kebun kelapa sawit adalah terdiri dari 1750 batang atau diperkitakan kalau disatukan jumlahnya kurang lebih 7 ha, ini merupakan hak kelola dari anggota Gerakan Pramuka sehingga kedepan mampu mememanfaatkan peluang usaha dan memaksimalkan kesempatan yang telah diberikan oleh pemerintah Kabupaten OKI. Dalam kesempatan yang sama kak Muslim juga berharap agar memfungsikan koperasi pramuka agar pramuka dapat memiliki bidang-bidang usaha lain yang dapat membantu kesejahteraan anggotanya.
         Rapat yang dihadiri sekitar 25 anggota pramuka tersebut dihadiri oleh ketua Pusdiklatcab Gerakan Pramuka OKI Zulkarnain,TZ.SPd. dalam usulannya kak Zul berharap agar dilaksanakan pendidikan kepramukaan yaitu KMD,KML, atau bahkan KPD dan KPL di bumi perkemahan Teluk Gelam. Menurutnya  bahwa pelaksanaan KPD dan KPL di OKI sangat memungkinkan dilaksanakan. Kalau Jamnas saja mampu kita laksanakan kenapa hal tersebut kita tak bisa melakukannya. Ditambahkan kak Zul kedepan Kwarcab OKI harus mampu bekerjasama dengan instansi terkait akan pengunaan fasilitas yang ada diantaranya fasilitas Outbound dan ruangan rapat. Di tempat yang sama Sekretaris Cabang Gerakan Pramuka OKI berharap agar membuat aturan baku tentang sistem sewa fasilitas yang ada, serta dibuat sistem piket dalam pelaksanaannya.
         Pada akhir acara ketua harian Kwartir Cabang OKI memerintahkan jajarannya (andalan cabang,Staff Kwarcab) agar secepatnya membuat konsep dasar  tentang pelaksanaan penggunaan exs gedung dan fasilitas Jamnas serta Kantor lama. Selain itu Kak Muslim berharap bagi Pusdiklat dan Sekretariat Kwarcab  agar membuat rencana kerja untuk tahun 2012 terlebih pada usaha-usaha yang akan dilakukan secepatnya agar apa yang diharapkan dalam memajukan Gerakan Pramuka akan terwujud adanya.(dr)

Salah satu  gedung pertemuan exs Jamnas 2011 (26/11)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar