Perikanan/Pertanian/Perkebunan

Cari Blog Ini

Jumat, 27 Januari 2012

KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT DASAR KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Bupati OKI (Ir H Ishak Mekki,MM) saat membuka KMD (tengah)



        Gerakan Pramuka dalam arti organisasi semenjak Kepres 238 tahun 1961 telah 50 tahun berkiprah ikut membangun karakter bangsa, untuk menggali, memperkuat, dan mempererat negara Kesatuan RI. Gerakan Pramuka harus tetap hidup seiring dengan kemajuan NKRI, demikian ungkapan Bupati OKI selaku Ketua Majelis Bimbingan Cabang Gerakan Pramuka Ogan Komering Ilir dalam sambutannya pada pembukaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KMD) hari ini 27/01/12) di Bumi Perkemahan Teluk Gelam Kabupaten Ogan Komering Ilir.
     Selanjutnya Ishak mengungkapkan bahwa sebagai bukti kecintaan  pemerintah terhadap kemajuan Gerakan Pramuka, maka pemerintah melalui legislatif mengeluarkan Undang-undang Gerakan Pramuka Nomor :  12  Tahun 2010, untuk dijadikan landasan hukum Gerakan Pramuka dengan harapan disamping memperkuat posisi Gerakan Pramuka, juga akan memberikan ruang seluas-luasnya bagi warga negara untuk bertanggungjawab membangun dan mengisi kebudayaan bangsa ini.
       Pembukaan yang dihadiri oleh Bupati selaku Kamabicab, para Kepala Dinas Instansi selaku anggota Mabicab,Sekretaris Kwarda beserta DKD, Ketua Ka. Kwarcab,  para Kawarran, Camat Teluk Gelam, para Pelatih Cabang, Andalan Cabang serta para pembina pramuka terdekat tersebut berlangsung hidmat. Pembukaan ditandai dengan penyerahan bendera Pratika Pelatih yang diserahkan langsung oleh ketua Mabicab kepada pimpinan kursus. Dilanjutkan dengan penyerahan peralatan kantor hibah dari Kakwarda yang diserahkan langsung Ka Kwarda yang diwakili oleh sekretaris Kwartir Daerah Sumatera Selatan H. Amriadi,S.IP,S.Pd,M.Pd.(MT).
       Sementara itu Kakwarcab melalui sekretaris Cabang Gerakan pramuka OKI, H Akhmad Macan,S.Pd, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya melaksanakan program kerja pengurus Kwarcab Masa Bakti 2007-2012 , dan pelaksanaan kegiatan  ini merupakan pelaksanaan KMD untuk kesekian kalinya pada masa bakti pengurus saat ini pungkasnya.
Pembukaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) diikuti oleh 40 peserta terdiri dari utusan dari kwarran-kwarran yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Masing- masing Kwarran mengirimkan perwakilannya dalam upaya meningkatkan kemampuan pembina pramuka di masing-masing Kwarran. Seperti diungkapkan pimpinan kursus Siti Hodijah,S.Pd (MG), bahwa biaya kegiatan KMD ini merupakan kegiatan yang dibantu langsung oleh Kwartir Nasional dan selebihnya ditopang oleh biaya swadana Kwarcab OKI, sehingga menurutnya peserta dibatasi sebanyak 40 orang.
Dalam laporannya Hodijah mengatakan bahwa pelaksanaan Kursus ini bertujuan agar para pembina pramuka mampu mengembangkan, menggali dan mengamalkan dari hasil materi yang diterima. Hodijah juga mengungkapkan bahwa terselenggaranya kursus tidak terlepas dari bantuan baik moril maupun materil yang diberikan baik dari Kwarnas, Bupati selaku Kamabicab serta bantuan dari segenap panitia yang telah memberikan sumbangan pikiran yang menurutnya sangat bermanfaat demi kelancaran proses pembelajaran tersebut. Kepada peserta Hodijah mengharapkan agar kesempatan emas untuk mengikuti KMD ini agar dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, karena setelah pelaksaan kursus peserta diharapkan dapat menerapkan ilmu yang telah diperoleh di Gugusdepan masing-masing imbuhnya.
      Pembukaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) belangsung hidmat dan meriah. Diakhir acara para peserta langsung mengikuti materi-materi dari para pelatih. Menurut sekretaris pimpinan kursus Ali Wardana,S.Pd.I (MG)  pelaksanaan KMD tersebut dilaksanakan dari tanggal 27-03 Januari dan setiap harinya acara dimulai dari pukul 05 pagi sampai pukul 23.00., dan peserta bagi yang lulus diwajibkan untuk melaksanakan Rencana Tindak Lanjut (RTL) di Gugus depannya yang ditugaskan panitia ungkapnya.
Peserta KMD saat mengikuti Upka (27/01/12)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar