Perikanan/Pertanian/Perkebunan

Cari Blog Ini

Minggu, 03 Mei 2015

KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT LANJUTAN (KML) DI AIR SUGIHAN



          Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Ogan Komering Ilir mengadakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) untuk pertama kalinya pada periode kepemimpinan ketua Kwartir Cabang Kak H Husin, S.Pd, MM. Kegiatan ini dilaksanakan di Kwartir Ranting Air Sugihan dari tanggal 24 April sampai tanggal 01 Mei 2015. Pelaksanaan KML dilaksanakan di Air Sugihan dikarenakan permintaan Kwartir Ranting Air Sugihan sendiri  sehingga seluruh biaya pelaksanaan ditanggung oleh kwartir Ranting bersangkutan. Hal ini diungkapkan oleh ketua panitia pelaksana kak Sajarwadi, S.Pd.,M.Si, melalui ketua II Kak Darmawan Nursyamsi, S.Pd.,M.Si, bahwa seluruh biaya ditangung oleh Kwartir Ranting Air Sugihan yang bersumber dari iuran peserta serta bantuan dari para pihak yang tidak mengikat. Ketua Kwartir Cabang Ogan Komering Ilir dalam sambutannya menjelaskan bahwa peran dan tanggungjawab pembina pramuka dalam membentuk pendidikan peserta didik yang berkarakter merupakan harga mati yang perlu pembina pramuka perjuangkan. Nilai kebersamaan, pengabdian dan ketulusan serta kejujuran merupakan pengejewantahan dari Satya dan Dasa Darma Pramuka. Menurutnya, jadikanlah pramuka untuk kehidupan jangan pramuka dijadikan penghidupan, karena dalam jiwa pramuka harus terpatri keikhlasan yang hakiki sesuai dengan semboyan pramuka,  Ikhlas Bakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana.
                Pelaksanaan Kursus berjalan dengan baik dan lancar, diikuti oleh 111 peserta terdiri dari 26 orang pembina  Golongan Siaga 75 orang pembina golongan penggalang dan 10 orang pembina  golongan penegak. Pimpinan Kursus kak A Rahman Mister, menjelaskan bahwa pelaksanaan KML dilakukan secara terpisah sesuai golongan dimana setiap golongan diketuai oleh seorang penanggungjawab, adapun penanggungjawab setiap golongan adalah, untuk Golongan Siaga oleh pelatih Kak Asmadisa,S.Pd, Golongan Penggalang oleh kak Ali Wardana , S.Pd.I.,M.Pd.I, dan golongan Penegak oleh Kak Drs. Elzam Muaz,M.Si. Pada kesempatan yang sama kak A Rahman menjelaskan bahwa seluruh peserta menginap dan beraktivitas di perkemahan pada saat kursus, peserta diwajibkan menempuh 72 jam pelajaran sesuai dengan kurikulum, yakni terdiri dari 85 persen dilaksanakan di lapangan dan selebihnya di kelas.
                Walaupun saat pelaksanaan kursus sering diguyur hujan peserta tetap antusias mengikuti pelatihan, hal ini diungkapkan oleh salah satu peserta Muhammad Syarif Toyib, bahwa pelaksanaan KML merupakan pengalaman yang takkan terlupakan, selain mendapat ilmu yang bermanfaat bagi perkembangan gugusdepan yang dibinanya, selain itu menambah sahabat baru dari kwarran lain. Baginya walaupun sering diguyur hujan tak menyurutkan niatnya untuk tetap ada di lapangan ditengah-tengah pelatih yang membimbingnya. Terbukti sampai akhir pelaksanaan para peserta tetap mengikuti kursus KML.
                Saat penutupan kursus, pimpinan kursus menjelaskan bahwa peserta dalam keadaan sehat serta berhasil melalui kegiatan dengan baik, dengan hasil 84 orang peserta lulus, 24 orang lulus bersyarat dan 3 orang tidak lulus.  Kursus ditutup oleh Ketua Kwartir Cabang Ogan Komering Ilir diwakili oleh Wakil Ketua Bidang Binawasa Kak Imam Tohari, SE.,MM.,M.Si.,(dank_z)
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar